Ciri Utama Anak Autis

Sebagai orang tua sebaiknya mengenali sejak dini gejala autis pada anak agar dapat memberikan perlakuan yang tepat bagi anak.  Sebagaimana dikatakan oleh Gayatri Pamoedji SE, MHC, praktisi autisme dari Masyarakat Peduli Anak Autis Indonesia (MPATI) yang ditulis di OKEzone {dot] com.  Menurut beliau, pendeteksian gejala autisme ini sangat penting karena penyandang autis biasanya baru disadari orangtua setelah anaknya tiga tahun lebih, padahal kondisi itu sudah terlambat.



“Biasanya, kasus yang terjadi berawal dari para orangtua datang ke dokter dengan keluhan anaknya sudah tiga tahun tidak bisa berjalan dan tidak bisa bicara. Padahal seharusnya saat umur dua tahun, bila sudah ada yang ganjalan pada anak Anda, segeralah datang ke dokter agar tidak berakibat fatal. Untuk itu, agar kondisi itu tidak terjadi, ketahuilah gejala-gejala penyandang autis sejak dini.



Tujuh ciri utama seorang anak terkena autisme berdasarkan M-CHAT ( Modified Checklist for Autisme in Tofflers) sebagai berikut :
  1. Apakah anak Anda memiliki rasa tertarik pada anak-anak lain?
  2. Apakah anak Anda pernah menggunakan telunjuk untuk menunjukan rasa tertariknya pada sesuatu?
  3. Apakah anak menatap mata Anda lebih dari satu atau dua detik?
  4. Apakah anak bisa meniru Anda? Bila membuat raut wajah tertentu, apakah anak Anda bisa menirunya?
  5. Apakah anak Anda memberi reaksi bila dirinya dipanggil?
  6. Bila anak Anda menunjuk pada sebuah mainan di sisi lain ruangan, apakah anak melihat pada mainan tersebut?
  7. Apakah anak Anda pernah bermain “sandiwara” misalnya berpura-pura berbicara di telefon atau berpura-pura menyuapi boneka?

Terkait tujuh pertanyaan diatas, jika anak Anda minimal menjawab tiga dari pertanyaan di atas, sebaiknya anda segera berkonsultasi kepada psikolog / pedagog anak yang kredibilitasnya terjamin untuk mendapatkan informasi dan penanganan lebih lanjut.

Demikian artikel kesehatan mengenai apa itu autisme, semoga membantu









Tidak ada komentar :

Posting Komentar